Halaman

Kamis, September 06, 2007

Makanan Jajanan Anak di 60 SDN Depok Mengandung Zat Pewarna

Karena Daerah kita bertetanggan dengan Depok, bukan tidak mungkin jajanan anak-anak kita disekolahan juga mengandung zat pewarna yang membahayakan. Semoga berita ini membuat kita para orang tua lebih peduli terhadap perkembangan anak-anak kita.


Rabu 5 September 2007, Jam: 19:06:00

DEPOK (Pos Kota) - Sedikitnya 60 sekolah dasar (SD) yang berada enam kecamatan di Depok, terbukti mayoritas Makanan Jajanan Anak Sekolah (MJAS) yang ada di sekolah tersebut mengandung zat pewarna merah (Rhodhamin B) yang terkandung dalam saus, pewarna kuning (Metanil Yellow) yang terkandung dalam chiken naget serta mie, dan Bahan Pengawet (Bhoraks dan Formalin) yang terkandung dalam bakso serta tahu.

Hal tersebut diungkap dr. Ani Rubiani dalam seminar sehari yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Rabu (5/9) siang di Gedung Puri Agung, Jalan Pemuda, Pancoran Mas, Depok.

“Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak sekolah tentang bahayanya jajanan yang diperjual belikan di sekolah mereka. Tanpa disadari makanan tersebut mengandung zat pengawet yang berbahaya bagi mereka di kemudian hari,” ujarnya.

Sementara Prof. Rizal Syarif, pembicara mengatakan, dampak dari zat berbahaya itu dapat dirasakan beberapa tahun kemudian setelah dikonsumsi dan dapat menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi mereka yang mengkonsumsinya.

”Bila terus-menerus anak kita mengkonsumsi zat berbahaya, itu dapat merusak organ sirkulasi pencernaan,” katanya.
(nasrul/helmi)

www.poskota. co.id




Tidak ada komentar: