Halaman

Kamis, April 12, 2012

Sumatera Diguncang Gempa 8.5 SR (indonesia quake)

Berpusat di lepas pantai Simeulue Aceh, gempa dengan 8.5SR sore kemaren itu mengguncang pulau Sumatera, bahkan getarannya dirasakan juga oleh negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Gempa kedua berselang 2 jam kembali mengguncang dengan 8.1SR ditempat yang sama, kedua gempa itu berada dikedalaman 10 km, ini yang mengakibatkan peringatan dini tsumani dikeluarkan oleh BMKG diperpanjang, yang akhirnya memang terjadi tsunami dalam skala kecil terjadi disepanjang pantai barat Sumatera, dengan tinggi air bervariasi dari 20cm sampai 1 meter.
Kepanikan warga akan terjadinya tsunami terjadi disepanjang pantai barat Sumatera mulsi dari Aceh, Nias, Padang, dan Bengkulu. Pagi ini dilaporkan masih ada warga yang masih tinggal di pengungsian, walau peringatan tsumani telah dicabut. dan sebagian lagi sudah banyak yang kembali kerumah masing-masing walau dengan perasaan yang cemas dan kwatir.
Traffic komunikasi handphone saat itu juga meningkat sangat tajam, akibatnya bagi orang yang akan menghubungi saudara-saudaranya yang ada dilokasi sangat susah untuk di hubungi. begitu juga sebaliknya, sehingga ini yang menambah kepanikan. Pemerintah melalui Menkominfo telah memberikan himbauan, untuk melalukan kontak seperlunya, sehingga dapat bergantian.
Bagi warga sekata yang ada saudara familinya di daerah bencana apakah sudah bisa terhubung dengan mereka? mudah-mudahan mereka dalam keadaaan baik-baik saja. Dan kami ikut prihatin.
Indonesia adalah salah satu negara yang masuk dalam " Ring of Fire ". Kita harus memahami itu.(edonic)

Tidak ada komentar: